Gerbong Prioritas

Beberapa kawan terkaget dengan harga tiket kereta api yang ditawarkan untuk sekali perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta. Mahal banget. Masa kayak tiket pesawat?! Begitu komentar seorang kawan ketika melihat tiket kereta api mencapai Rp 800.000,00 untuk sekali perjalanan. Benar, memang PT Kereta Api Indonesia (KAI) menawarkan tiket semahal itu untuk rute yang laris di saat akhir pekan. Rute kereta api dari Jakarta yang melewati Yogyakarta adalah rute laris yang saya maksud.

Apa sih yang bikin tiket kereta api semahal itu? Pelayanan prima coba ditawarkan KAI sebagai imbal balik tiket seharga Rp 800.000,00 itu. Seperti apa?

Gerbong khusus disiapkan, bahkan tidak tanggung-tanggung label Prioritas disematkan pada gerbong khusus, untuk penumpang yang rela merogoh kantong lebih dalam. Untuk menjamin pelayanan nomor satu diberikan, setidaknya ada 1 pramugara, 1 pramugari, dan 1 jasa kebersihan disiagakan khusus untuk gerbong berlabel Prioritas ini.

Pramugari dengan senyum menyambut ramah penumpang sebelum masuk ke dalam gerbong. Sesaat setelah kereta api berangkat pramugara dan pramugari menyajikan menu pembuka, makanan ringan dan minuman. Selesai menikmati menu pembuka, menu utama untuk santap malam, kebetulan saya mencobanya saat malam hari perjalanan dari Jakarta ke Yogyakarta, disajikan. Cukup menarik menu yang disajikan, tidak kalah dengan pelayanan Garuda Indonesia kelas Ekonomi saat penerbangan memerlukan waktu lebih dari 1 jam. Tidak berhenti sampai menu utama, pramugara dan pramugari menutupnya dengan sajian menu penutup. Luar biasa, set makan malam yang lengkap.

Pada gerbong berlabel Prioritas ini juga disediakan mini bar untuk menghangatkan perjalanan kereta api yang tidak sebentar, minimal memerlukan 8 jam perjalanan. Beragam minuman hangat/panas bisa kita buat sendiri karena semua bahan yang diperlukan sudah disiapkan. Bahkan air mineral pun tersaji selama perjalanan. Kita menikmati itu semua sebagai imbal balik dari tiket yang cukup mahal tadi. Masih menyesal membayar lebih?

Minum dan minum sejak tadi. Saatnya tiba ingin ke toilet untuk buang air kecil. Wow! Toiletnya luas dan bersih. Seorang jasa pembersih bersiaga dan menjamin toilet selalu kering dan bersih. Kagum.

Perut kenyang, udara ruangan yang sejuk, ditambah dengan kursi yang cukup nyaman, lengkap dengan perangkat hiburan di setiap kursinya, membuat istirahat malam cukup nyenyak dan berhasil bikin badan segar kembali sesampainya di Yogyakarta.

398 Total Views 1 Views Today

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *