Geologi dan Film Animasi Ice Age

Tentu semua tahu film animasi Ice Age, bukan? Petualangan 3 mamalia; Sid seekor sloth, Manny seekor mamut, dan Diego seekor kucing yang bertaring tajam selama zaman es. Film yang menghibur, saya pikir.

Untuk sekadar mengenalkan bagaimana Bumi berkembang; adanya zaman es, zaman dinosaurus pernah hidup di Bumi, hingga benua-benua yang ada di Bumi sebelumnya satu dan kemudian terpisah, Ice Age cukup berhasil.

Membaca judul film Ice Age pada tahun 2002, sebagai geolog saya langsung terbayangkan glacial periods. Tepatnya The quarterly glaciation yang dimulai kira-kira sekitar 2.6 juta tahun yang lalu hingga sekarang. Benar hingga sekarang. Buktinya, kita masih melihat hamparan es di Greenland, Artika, dan Antartika. Lalu rilis film Ice Age berikutnya pada tahun 2006, kalau tidak salah ingat. Pada film tersebut digambarkan banyak es meleleh. Benar. Ice Age: The Meltdown. Di dalam tabel waktu geologi, proses pelelehan es ini terjadi sekitar 11 ribu tahun yang lalu. Tampak berurut dari sekuel film sebelumnya, saya lalu mengira-ngira, Ice Age (akan) mengambil latar belakang waktu zaman es kurun waktu 2.6 juta tahun yang lalu hingga 11 ribu tahun yang lalu. Hingga kemudian menceritakan masa kini. Mungkin.

Namun pada film berikutnya kita dikenalkan dinosaurus. Ingat Ice Age: Dawn of the Dinosaurs, kan? Dalam tabel waktu geologi, dinosaurus hidup di Bumi dalam kurun waktu 230 juta tahun hingga 65 juta tahun yang lalu. Sebelum mamut hidup, haruslah ada dinosaurus terlebih dahulu. Perkiraan alur cerita film ini bakal sinkron dengan urutan waktu geologi pun meleset.

Lalu sekuel film berikutnya Ice Age: Continental Drift pada tahun 2012. Lhah?! Continental drift? Zaman di mana benua terpisah itu terjadi lebih jauh dari sekadar 2.6 juta tahun yang lalu bahkan jauh lebih jauh lagi dari waktu dinosaurus hidup di Bumi. Continental drift terjadi sekitar 300 juta tahun yang lalu. Pada tautan berikut tergambarkan bagaimana Pangea, satu-satunya benua yang ada di Bumi ketika itu, terpisah hingga terbentuk benua-benua seperti sekarang. Silakan klik tautan ini.

Tampak waktu berjalan mundur dalam film Ice Age. Lho?

Sekuel demi sekuel Ice Age terus dirilis, film tersebut telah berhasil menghibur kita meski sebenarnya latar belakang waktu yang disajikan dalam film tersebut tidaklah berurut, bahkan tidak tepat secara geologi. Herannya dari judul yang diberikan, Ice Age tampak sebuah urutan dari 1, 2, 3, hingga selanjutnya dan selanjutnya.

Film tetap film yang bertujuan memberikan hiburan. Petualangan 3 mamalia dalam Ice Age cukup menghibur. Untuk sekadar mengenalkan bagaimana Bumi berkembang; adanya zaman es, zaman dinosaurus pernah hidup di Bumi, hingga benua-benua yang ada di Bumi sebelumnya satu dan kemudian terpisah, Ice Age cukup berhasil. Setidaknya setelah menonton film itu kita semua percaya bahwa Bumi itu dinamis, bukan?

Selamat menonton. Jangan lupa ajak anak-anak.

Featured Image Source

953 Total Views 2 Views Today
Wahyudi Adhiutomo Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *