Pok Tunggal

Tidak begitu lama perjalanan dari Sleman menuju Pantai Pok Tunggal, hanya kurang lebih 2 jam melalui Jalan Lingkar Utara – Jalan Lingkar Timur – Wonosari – Tepus yang semuanya beraspal halus tanpa lubang. Pantai yang dituju sekitar 1 kilometer dari jalan Tepus.

Lama tidak mengunjungi Wonosari, mungkin terakhir ketika masih mahasiswa. Sebagai mahasiswa Teknik Geologi, Wonosari memang bukan tempat biasa, banyak obyek geologi yang dilihat di sana. Dan tiba-tiba kemarin ngepasi liburan akhir pekan yang agak panjang diajak ke Wonosari. Cetta pengen mainan pasir pantai sama teman-teman, kira-kira begitu ajakan yang saya dapatkan.

Nama pantai yang akan dituju masih baru dalam ingatan saya tentang pantai-pantai yang ada di Wonosari. Mahasiswa Geologi pasti tahunya Pantai Wediombo karena di sana ada objek geologi berupa columnar joint. Lalu apa nama pantai yang akan dituju? Pantai Pok Tunggal. Hasil pencarian informasi di internet menyebutkan bahwa (ternyata) pantai tersebut sangat populer. Berbekal aplikasi ponsel dan GPS yang terpasang di kendaraan, perjalanan ke sebuah pantai di Wonosari-pun dimulai.

Tidak begitu lama perjalanan dari Sleman menuju Pantai Pok Tunggal, hanya kurang lebih 2 jam melalui Jalan Lingkar Utara – Jalan Lingkar Timur – Wonosari – Tepus yang semuanya beraspal halus tanpa lubang. Pantai yang dituju sekitar 1 kilometer dari jalan Tepus. Akses masuk ke pantai jangan dibayangkan semulus rute yang dilalui sebelumnya. Kondisi akses ke pantai masih berupa tanah dan bongkahan batugamping dan beberapa bagian bersemen seukuran ban kendaraan kanan dan kiri. Meski demikian, akses tersebut masih mudah dilalui oleh berbagai jenis kendaraan, tak harus jip atau kendaraan bergardan tinggi. Penduduk setempat mengatur lalu lintas akses ke pantai supaya tidak tersumbat, maklum saja hanya beberapa titik saja yang lebar jalannya bisa untuk kendaraan berpapasan.

Navigasi Waze: Rute Menuju Pantai Pok Tunggal

Dan akhirnya tiba di Pantai Pok Tunggal. Pantainya tidak luas, jika dibandingkan Pantai Parangtritis yang banyak dari kita tentu sudah tahu. Pasirnya yang tidak gelap dan pemandangan tebing yang ada mengingatkan kita pada pantai-pantai di Bali yang sering tergambar pada kalender atau foto-foto di internet.

Bermain air tentu membuat perut kita bernyayi, jangan khawatir terkait perihal isi perut, ada warung makan yang menyediakan menu cukup lengkap, mulai dari sayur mayur hingga berbagai jenis hidangan hasil laut yang digoreng maupun dibakar, dan tidak lupa dilengkapi dengan sambal terasi yang harum. Bahkan pemilik warung berkenan antarkan pesanan kita hingga payung lebar yang sudah kita pesan di tepi pantai. Hanya sayangnya saya lupa nama pemilik warung ini, seingat saya warungnya ada di paling ujung Timur di area parkir yang berada di bibir pantai.

Setelah menikmati sendiri keasyikan pantai ini, saya berani sampaikan bahwa tidak salah jika menjadikan Pantai Pok Tunggal sebagai tujuan utama wisata pantai di Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Yuk ke pantai!

658 Total Views 2 Views Today
Wahyudi Adhiutomo Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *