Sinestesia

Sinestesia, satu kata yang jarang kita dengar tentunya dan itu berhasil membuat saya membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia.

sinestesia/si·nes·te·sia/sinéstésia/ n metafora berupa ungkapan yang bersangkutan dengan indra yang dipakai untuk objek atau konsep tertentu, biasanya disangkutkan dengan indra lain, misalnya suaranya terang sekali

Di dalamnya ada Merah, Biru, Jingga, Hijau, Putih dan Kuning. Apa yang sebenarnya ingin disampaikan Efek Rumah Kaca melalui album ini? Benar, Sinestesia adalah album terbaru Efek Rumah Kaca yang baru saja rilis dalam format digital. Saya membeli dan mengunduhnya di “toko musik” milik Tim Cook, sebut saja iTunes. Saking kepengen-nya untuk dapat menyimpulkan apa yang sebenarnya ingin disampaikan Efek Rumah Kaca, saya-pun segera memasangnya dalam daftar putar lagu. Merah punya durasi 11 menit. Jingga 13 menit, Kuning 12 menit. Tidak ada durasi lagu yang kurang dari 5 menit di dalamnya. Tumben mereka memainkan lagu sepanjang itu, batin saya.

Saya dengarkan Merah dengan perhatian penuh, ternyata Efek Rumah Kaca sengaja mengumpulkan lebih dari satu lagu dalam satu “warna”, Merah, Biru atau Putih. Tepat sekali mereka memberi “warna” yang berbeda untuk sekumpulan lagunya, karena memang berwarna sekali. Merah, Biru, Jingga lalu Hijau yang punya bit musik cepat dibanding “warna-warna” sebelumnya. Kemudian Putih yang sendu. Mungkin ini yang sedikit dimaksud Sinestesia oleh Efek Rumah Kaca. Ungkapan lewat musik (indera pendengaran) dihubungkan dengan warna (indera penglihatan).

Sedikit apa yang saya dapatkan setelah sejenak mendengarkan “warna-warna” tersebut. Cerita tentang politisi dengan kepentingan-kepentingannya dan cerita moralis yang selalu merasa paling benar sendiri di antara yang lain dalam “warna” Merah. Tentang kegelisahan atau jika kita mengunakan kata anak kiwari, kegalauan, dalam Biru. Keberanian ada di Jingga. Kesedihan dan kebahagiaan ada di Putih.

Dari sekian “warna” yang disajikan, Putih yang paling menyentuh, di dalamnya ada cerita tentang tiada dan ada. Tiada terkait kepergian seorang. Ada terkait dengan hadirnya seorang.

Jika saya memilih Putih, kalian memilih apa? Merah? Hijau? Kuning? Itulah Sinestesia.

 

Featured Image Source

951 Total Views 2 Views Today
Wahyudi Adhiutomo Written by:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *